Jumat Curhat Polres Berau Bersama PKL

POLRESBERAU.COM, TANJUNG REDEB – Mendengarkan langsung keluhan masyarakat, kali ini Polres Berau menggelar Jumat Curhat di kios penjualan helm milik Ketua PKL GOR Pemuda, Supriono, di simpang empat Jalan Pangeran Antasari – Jalan Dr. Sutomo, Tanjung Redeb, Jumat (10/2/2023).

Kegiatan itu dihadiri oleh Wakapolres Berau Kompol Rangga Abhiyasa yang mewakili Kapolres Berau AKBP Sindhu Brahmarya, Kasat Binmas AKP Agus Supriyanto, Kasi Humas Iptu Suradi, Ketua IKMB H Mahfud, Ketua PKL GOR Pemuda Supriono dan masyarakat yang bekerja sebagai pedagang kaki lima (PKL).

Dalam kesempatan itu, Ketua PKL GOR Pemuda, Supriono mengatakan, masih marak terjadinya aksi pencurian di daerah GOR Pemuda hingga Jalan Dr. Sutomo.

“Yang mana, yang dicuri adalah unit kendaraan bermotor dan aki untuk motor listrik mainan,” ungkapnya.

Sementara itu, Mahfud selaku Ketua IKMB menuturkan, masih banyaknya di area belakang GOR dimanfaatkan oleh pemuda melakukan kegiatan yang dapat memicu terjadinya gangguan kamtibmas.

“Seperti minum minuman keras, ngelem bahkan melakukan tindakan tercela antara pria dan wanita,” bebernya.

Sebab, kata dia, lampu penerangan yang mati ditambah kondisi ketika gor sepi, dimanfaatkan para pemuda untuk melakukan perbuatan tersebut.

Sementara itu, Suparman, salah satu pedagang PKL mengatakan di daerah Jalan Swadaya masih banyak anjing peliharaan berkeliaran dan mengganggu masyarakat setempat. Dikarenakan sering menggonggong mengejar dan membawa barang seperti sandal.

Ia juga meminta ta tolong bantuan dari pihak Polres Berau untuk bantuan pembangunan pos kamling di Rt. 14, untuk menunjang tidak terjadinya tindak pidana kriminal.

Sementara itu, Wakapolres Berau Kompol Rangga Abhiyasa mengatakan,kegiatan Jumat merupakan kegiatan silaturahmi sesuai arahan Kapolri.

“Kegiatan ini juga sudah sering kita lakukan secara informal untuk mengembangkan tugas kepolisian khususnya di wilayah Kabupaten Berau,” ungkapnya.

Jumat Curhat ini bertujuan, agar mengetahui keluh kesah gangguan Kamtibmas yang berada di lingkup masyarakat seperti pencurian, balapan liar, dan gangguan lainnya yang dialami masyarakat untuk jadi bahan acuan kami dalam melaksanakan tugas sesuai motto Polri menjadi pelindung, pelayan dan pengayom masyarakat.

Untuk kasus pencurian, pihaknya akan melakukan tindakan yang lebih efektif dalam giat patroli di daerah dan jam rawan.

“Kita akan lakukan patroli penebalan di jam tertentu yang di mungkinkan di laksanakan oleh pemuda pemudi melakukan kegiatan yang memicu terjadinya gangguan kamtibmas,” ujarnya.

Rangga bersama-sama dengan Kasat Binmas, akan berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas untuk mengimbau pemilik hewan untuk dapat memelihara hewan sewajarnya dan dapat memberikan kandang terhadap hewan tersebut agar tidak ada masyarakat yang merasakan dirugikan.

“Untuk pos kamling, nanti kita coba koordinasikan dengan Pak Kasat Binmas, Bhabinkamtibmas dan ketua Rt. 14 dapat dilaksanakannya pembangunan pos kamling untuk mengurangi angka gangguan kamtibmas yang ada di lingkungan RT. 14,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu pula, Kasi Humas Polres Berau Iptu Suradi mengatakan, salah satu sarana bagi masyarakat untuk mengetahui perkembangan dan tata cara pembuatan surat atau layanan di Polres Berau adalah melalui media sosial milik Polres Berau.

“Yang mana, juga dapat digunakan masyarakat untuk menanyakan dan melaporkan keluh kesah gangguan Kamtibmas yang berada di lingkup masyarakat,” ungkapnya.

Ia mengingatkan kepada masyarakat maraknya penipuan yang mengatasnamakan anggota Polri untuk meminta uang atau mengintimidasi dengan mengaku dilengkapi dengan surat perintah dan sebagainya.

“Jangan khawatir dan percaya, karena pihak kami akan memanggil untuk melakukan proses di kantor bukan melalui media sosial,” pungkasnya.

“Sekian dan terima kasih atas kehadiran bapak sekalian dan kami berupaya untuk segera melaksanakan yang menjadi keluh kesah masyarakat tentang gangguan kamtibmas yang berada di lingkup masyarakat,” tandasnya.

HUMAS POLRES BERAU