TNI-Polri Gelar Apel Pasukan Pengamanan, Jelang Kedatangan Perdana Presiden RI di Berau

Polres Berau — Menjelang kunjungan Presiden Joko Widodo ke wilayah Kabupaten Berau, gabungan pasukan TNI-Polri menggelar Apel Gelar Pasukan Pengamanan pada Rabu 25 September 2024. Kegiatan ini berlangsung di Lapangan Pemuda Tanjung Redeb, Berau.

 

Apel gabungan dipimpin oleh Dandim 0902/Berau Letkol Inf Rommi Sakti Alamsyah, S.I.P didampingi Kapolres Berau AKBP Steyven Jonly Manopo, S.I.K, serta diikuti ratusan personel gabungan yang terdiri dari anggota Polri, TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan. Mereka berperan penting dalam pengamanan kunjungan Presiden di Berau yang akan dilaksanakan besok, Kamis 26 September 2024.

 

Dalam arahannya, Dandim 0902/Berau menekankan kesiapan semua pihak dan sinergi agar kegiatan besok berjalan lancar.

 

“Kunjungan Presiden ke Berau ini adalah yang pertama kalinya yang dilakukan di akhir masa jabatan beliau. Oleh karena itu, pengamanan harus dilakukan maksimal dengan koordinasi yang baik. Semua personel harus siaga dan siap menghadapi segala situasi,” ujar Dandim.

 

Dikatakannya, pengamanan akan difokuskan pada jalur yang akan dilalui Presiden, lokasi pertemuan, dan area-area strategis lainnya. Orang nomor satu di Kodim 0902 Berau itu mengingatkan bahwa potensi gangguan keamanan harus diantisipasi dengan kewaspadaan penuh.

 

Pasukan khusus juga dibuat guna mengantisipasi adanya gangguan keamanan selama kunjungan orang nomor satu di Indonesia tersebut.

 

“Kita juga siapkan tim khusus untuk mengantisipasi hal-hal ya g tidak diinginkan,” tegasnya.

 

Pun, Polres Berau turut menyatakan komitmennya dalam mendukung kelancaran kunjungan Presiden. Sinergi antara TNI, Polri, dan Forkopimda sangat penting dalam menjaga keamanan pada saat kegiatan berlangsung.

 

Kapolres Berau AKBP Steyven Jonly Manopo juga mengapresiasi kesiapan pasukan gabungan, menyatakan bahwa soliditas dan koordinasi antarinstansi akan memastikan pengamanan yang optimal. 

 

“Kunjungan Presiden ini menjadi momen penting bagi percepatan pembangunan Bumi Batiwakkal, sehingga pengamanan dilakukan tidak hanya untuk menjaga keamanan fisik, tetapi juga memberikan rasa aman bagi masyarakat dan tamu negara,” ungkap Kapolres.

 

Diketahui, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akan melakukan kunjungan kerja perdana dan mungkin terakhir kalinya dimasa jabatannya ke Berau pada 26 September 2024 besok. Beliau akan mengunjungi Pasar Sanggam Adji Dilayas, kemudian ke Story Mount untuk makan siang. Lanjut ke RSUD dr. Abdul Rivai Tanjung Redeb, terakhir ke Bandara Kalimarau menuju IKN.

 

Humas Polres Berau