Upacara Penurunan Bendera Merah Putih (Aubade) Memperingati HUT RI ke-79 di Kabupaten Berau

Polres Berau – Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, pada hari Sabtu, 17 Agustus 2024, pukul 17.00 WITA, dilaksanakan kegiatan Aubade atau Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Lapangan Pemuda, Jl. Pemuda, Kec. Tanjung Redeb, Kab. Berau. Upacara ini dipimpin oleh Bupati Berau Hj. Sri Juniarsih Mas, M.Pd, selaku Inspektur Upacara.

 

Upacara dihadiri oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Berau, para kepala dinas, tokoh masyarakat, serta undangan lainnya. Di antara yang hadir adalah Wakil Bupati Berau H. Gamalis, SE, Ketua DPRD Berau Madri Pani, SE, Dandim 0902/BRU Letkol Inf Rommi Sakti Alamsyah, S.IP, serta perwakilan dari berbagai instansi lainnya.

 

Pelaksanaan upacara dimulai dengan penampilan drumband, dilanjutkan dengan penghormatan umum, laporan komandan upacara kepada inspektur upacara, dan persiapan aubade oleh Paskibraka. Upacara puncak berupa penurunan bendera Merah Putih berlangsung khidmat dengan diiringi lagu Andhika Bhayangkari. Setelah itu, diakhiri dengan laporan dan penghormatan pasukan sebelum inspektur upacara meninggalkan mimbar.

 

Upacara ini diikuti oleh satuan upacara dari TNI, Polri, Satpol PP, Linmas, pelajar, mahasiswa, serta berbagai organisasi masyarakat. Keseluruhan acara berjalan lancar dengan pengamanan yang dilakukan oleh anggota Polres Berau, baik secara terbuka maupun tertutup, guna mengantisipasi potensi gangguan keamanan.

 

Antusiasme masyarakat terlihat dari banyaknya warga yang hadir untuk menyaksikan upacara penurunan bendera ini, menunjukkan rasa bangga dan semangat nasionalisme yang tinggi dalam memperingati kemerdekaan bangsa.

 

Humas Polres Berau