Musrenbang Labanan Makarti Teluk Bayur: Masyarakat Serukan Peningkatan Infrastruktur dan Pelayanan pada Musyawarah Pembangunan

POLRESBERAU.COM, TELUKBAYUR – Balai Pertemuan Labanan Makarti menjadi saksi digelarnya Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kampung, yang dilaksanakan dalam rangka menyusun rencana kerja pemerintah daerah Kabupaten Berau untuk tahun 2025. Dalam kegiatan ini, warga Kampung Labanan Makarti secara antusias menyampaikan usulan pembangunan untuk meningkatkan kualitas hidup dan layanan di wilayah mereka.

Kegiatan Musrenbang tersebut dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Camat Teluk Bayur, Kepala Kampung Labanan Makarti, perwakilan dari pihak kepolisian (Bhabinkamtibmas), BPK (Badan Permusyawaratan Kampung), tokoh masyarakat, pendidik, dan perwakilan dari berbagai lembaga di kampung ini. Musrenbang diawali dengan pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan pembacaan doa.

Dalam sambutannya, Ketua BPK Labanan Makarti, Sdr. Mujiono, menyampaikan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam merumuskan rencana pembangunan di kampung. Selanjutnya, Kepala Kampung Labanan Makarti, Sdr. Mudawi, menyampaikan sambutannya dan membuka sesi usulan pembangunan.

Camat Teluk Bayur, Sdr. Edi Baskoro, S. Stp, memberikan sambutan dan membuka Musyawarah Rencana Pembangunan. Proses berlanjut dengan pemaparan usulan pembangunan dari berbagai bidang, seperti pemerintahan, fisik, pertanian, sosial-budaya, pendidikan, dan kesehatan.

Berbagai usulan disampaikan oleh masyarakat Labanan Makarti, termasuk peningkatan drainase, perbaikan jalan dan gang, bantuan bibit kakao dan pakan ikan ternak, pembuatan perpustakaan, pemagaran halaman masjid, rehabilitasi bangunan puskesmas pembantu, dan peningkatan kapasitas kelompok-kelompok kreatif melalui Bumdes.

Bhabinkamtibmas Kampung Labanan Makarti, Briptu Bima Dwi Sandoyo, memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tetap menjaga ketertiban dan keamanan, terutama menjelang pemilu, serta mengajak agar masyarakat aktif melaporkan potensi gangguan kamtibmas.

Semua usulan akan dikomulir dan dipresentasikan pada Musrenbang tingkat kecamatan yang akan dilaksanakan pada bulan Februari mendatang. Proses selanjutnya adalah penyampaian usulan ke tingkat kabupaten pada bulan Maret, diharapkan akan menjadi landasan bagi rencana pembangunan daerah Kabupaten Berau tahun 2025.

HUMAS POLRES BERAU