Preventif Karhutla, Bhabinkamtibmas Sambangi Warga dan Sosialisasi Bahaya Pembukaan Lahan dengan Cara Membakar Terlalu Besar

POLRESBERAU.COM, MARATUA – Bhabinkamtibmas Kampung Teluk Harapan, Briptu Deka Wisa Prasetya, melaksanakan kegiatan sambang kepada warga di kampung tersebut pada hari Sabtu, tanggal 13 Mei 2023.

Dalam kegiatan ini, Bhabinkamtibmas memberikan sosialisasi tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) serta mencegah warga untuk membuka lahan dengan cara membakar terlalu besar.

Briptu Deka Wisa Prasetya mengingatkan bahwa karhutla bisa menyebabkan kerugian yang besar, tidak hanya untuk lingkungan, namun juga bagi kesehatan masyarakat. Ia juga menekankan bahwa mencegah karhutla adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya tugas pemerintah atau kepolisian.

Bhabinkamtibmas juga memberikan saran untuk mencegah karhutla, seperti tidak membuka lahan dengan cara membakar terlalu besar, tidak meninggalkan api saat berkemah atau berburu, serta tidak membuang puntung rokok sembarangan.

Dalam kegiatan sambang ini, Bhabinkamtibmas juga meminta dukungan dari warga untuk melaporkan kejadian yang mencurigakan terkait karhutla dan tindak kejahatan lainnya.

Dengan kegiatan ini diharapkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang bahaya karhutla semakin meningkat dan dapat mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kampung Teluk Harapan.

HUMAS POLRES BERAU